Jumat, 03 Agustus 2012

AWAL MULA TERJALIN'NYA SILAHTURAHMI antar SEDEREK STK MALAYSIA

Awal mulane tahun 2007...ada anak madiun merantau dimalaysia,putra tepus(kang hery) termasuk orang lama,,,, Aku sendiri (farid/eko) dan temen qu yang namanya eko (kodok) Kebetulan tmpt kerja kami,Satu daerah di pekan subang.. Meskipun kami bertiga.tapi kami punya rencana untuk membuat kaos stk malaysia.. Pernah suatu saat waktu aku pergi ke pasar subang pakai kaos stk yang depan belakang lambang sh winongo (kaos tersebut sekarang telah dibawa saudara iking dari ponorogo) waktu berjalan aq dibuntuti seorang laki2 yanx berambut gondrong,,,,dia bertanya kepadaqu "kaosnya kok apik banget mas???qu jawab njeh mas kaos asli madiunan gt,,,terus laki2 tersebut bertanya lg sedereke katah to???qu jawab 3 orang mas,,,setelah itu aq kode orang itu dan alhamdulilah dia jg satu asuhan,,,namanya mas budi(sengek),,, Kami akirnya saling berhubungan lwt sms,,,dan aqu utarakan kalo kami ada rencana mau membuat kaos gt,,,mas budi pun setuju,,, Akirnya kami bertiga aku(eko/​farid),hery(tepus),kodok ngutak ngatik gambar,,tulisan dan mengenai warnanya,,,!!??? Akirnya gambar siap dan kami pergi kepasas seni untuk pemesanan kaos dan sablon,,,untuk edisi pertama kami pilih warna putih sebab qt mau warna yg lain yg biasa digunakan oleh kaos2 malaysia,,,untuk pembuatan kaos edisi pertama kami menyablon 10kaos karna saudara qt yg br qt kenal sedikit,,,untuk saudara yg mendapatkan kaos ini dulu adalah,,aku,,putra tepus,,rebo,,kodok,,anfis(​anik fitriasari),,mas waras,,mas budi,,dan yang lainya sudah lupa,,,sebagai donaturnya dulu putra tepus,,aku seksi wira wiri,,untuk penulisan gambar tulisan jowo ()kayeksi katon murtineng suryo() yang berarti bahwa ajaran setia hati winongo memberikan ajaran yang baik dan pasti seperti sinar matahari yang bersinar menerangi dunia,,,kasarane ajaran sh winongo itu pasti dan telah terbukti,,dulu yg nulis saudara qt lupa namanya,,dan untuk edisi pertama tersebut dibelakang ada tulisan by rikofa(heri,kodok,farid) dan depan ada tulisan fort de kock,,lambang yg ada warna merah putih qt rancang sendiri,, Sebetulnya saudara qt di malaysia ini banyak tp ya di harap maklum tujuan qt disini cari rejeki,,,!!??jadi gk bs kumpul semua,,, Dan sekarang alhamdullilah,,saudara qt sudah berkembang jadi bnyk ,amin,, Untuk kaos edisi ke 2 aku tidak tau sebab aku pulang ke indonesia,,,menurut yang saya dengar saudara qt "okid" dari ponorogn yang memprakarsainya,,,dan sampe sekarang kaos stk malaysia sudah sampai ke edisi 4 kalo gak salah,,sebab tiap tahun 1edisi,, Untuk perkumpulan saudara2 qt emang direncanakan tp ya gk bisa kompak ikut semua termasuk saya(mohon maaf saudaraqu harap maklum dan di maklumi,qt di sini kerja dan waktu cuti yg gak bisa sewaktu2) Mungkin juga saudara qt yg belum bisa ikut silaturahmi jg ada alasan sendiri,,, Saya acungi jempol dan salut buat saudara qt yg telah meluangkan waktunya untk menghadiri tiap silaturahmi,,, Buat pak lurahe stk malaysia (mas abimanyu) buat mas adipati elkuza,,rombong,,okid,,rez​a(yang sering wira wiri) Buat mas (londo,garangan,,klewer,,k​unang,,kensin,,anno,,andra​,, dan semua saudara stk malaya yg gak bisa saya sebutkan satu2,,ora hafal aq masalahe hehe Buat yg cewek ada iyem stk sifa,,dan yg saudara dari magetan (maaf gak hafal mbak) semangat kalian udah luar biasa,,, Semoga saudara qt dimalaisia pada kususnya semakin berkembang,,!!!?? Buat saudara yg dari johor MANTAF JUGA SEMANGATNYA....
Yang pasti qt selalu ingat akan ajaran sh winongo "kembang tepus kaki" Tk lupa selalu Eleng,,kuat,,slamet,,!!?? mudah2an bukan hanya kaos yg bisa tiap tahun keluar edisi tp juga qt jg kreatif dan yang pasti tetap rukun dengan saudara qt yang seasuhan amin,, Mudah2an qt semua tetap dalam lindungan alloh swt,,, Ini saya tulis berdasarkan asal mula pembuatan kaos stk malaysia,, Karena didesak oleh saudara oi stk pilangkenceng untuk menceritakanya Akir kata wassalam,, Eks,,,, Setia alam 08 agustus 2012 Eko tetep dhewi Jika ada kata yg tk berkenan mohon dimaafkan,, Walo bagaimanapun tetep stk yang ada dihatiqu eks BY_FARID(eko tetep dhewi)

SEJARAH SETIA HATI TUNAS MUDA WINONGO MADIUN

SEJARAH PERSAUDARAAN SETIA HATI TUNAS MUDA WINONGO MADIUN Sejarah persaudaraan "Setia-Hati" disingkat S-H berawal pada tahun 1903 yaitu dengan didirikanya persaudaraan SEDULUR TUNGGAL KECER dikampung Tambak Gringsing-Surabaya oleh almarhum Bpk Ki Ngabehi Soerodwirjo dengan nama kecilnya Masdan. Saat itu nama permainan seni pencak silatnya adalah JOYO GENDILO dan hanya dengan 8 murid didahului oleh 2 saudara yaitu Noto/ Gunadi (adik kandung Ki Ngabehi Soerodwirjo) dan Kenevel Belanda. Pada tahun 1915 nama permainan seni pencak silatnya berubah menjadi JOYO GENDILO CIPTO MULYO. Organisasi itu mendapat hati di kalangan masyarakat pada tahun 1917 setelah melakukan demonstrasi pencak silat terbuka di alun2 kota Madiun dan menjadi populer di masyarakat karena memiliki gerakan unik penuh seni dan bertenaga. Pada tahun 1917 inilah oleh Ki Ngabehi Soerodwirjo diganti nama menjadi PERSAUDARAAN SETIA HATI. Ki Ngabehi Soerodwirjo wafat pada tanggal 10 Nov 1944, dimakamkan di makam desa Winongo,Madiun. Ibu Soerodwirjo (ibu Surijati) wafat pada tanggal 6 April !969 di makamkan di Winongo juga. Tujuan/ sasaran SH yang ditempuh adalah : Bela negara, mengolah raga dan batin untuk mencapai keluhuran budi guna mendapatkan kesempurnaan hidup, kebahagiaan dan kesejahteraan lahir dan batin di dunia dan akhirat, dengan jalan mengajarkan SILAT (Pencak Silat) sebagai olahraga atas dasar jiwa yang sehat terdapat pada tubuh yang sehat pula, yaitu dengan meninggalkan semua yang menjadi larangan Allah dan melaksanakan semua perintah-perintahNya (MENS SANA IN CORPORE SANO-AMAR MA'RUF NAHI MUNKAR). SH mengenal falsafah kesosialan tanpa batas dari hindu yang berbunyi TAT TWAM ASI (ia adalah kamu) serta falsafah Jawa KEMBANG TEPUS KAKI (yen dijiwit kroso loro ojo njiwit liyan/ kalau dicubit terasa sakit jangan mencubit orang lain). Jelaslah bahwa ajaran ini ajaran yang mulia edi peni dan adi luhung. Oleh karena itu tidak mengherankan bagi kita bahwa segala bangsa dan semua agama dapat menerimanya, khususnya bangsa Indonesia. Sejak tahun 1964, SH mengalami kemunduran, tidak begitu aktif, hal ini tidak lain disebabkan keadaan juga, sebagian besar saudara2 SH sudah banyak yg lanjut usia, ditambah lagi dengan semakin kurangnya penerimaan saudara baru. Banyak saudara SH yang sudah sepuh satu persatu meninggal dunia, sedangkan yang masuk menjadi saudara SH dapat dikatakan hampir tidak ada. Kalau keadaan yg demikian dibiarkan terus-menerus maka SH lambat laun akan mengalami kepunahan. Untuk menghindari hal tersebut serta untuk melestarikan ajaran yang edi peni dan adi luhung tersebut, maka pd tanggal 15 Oktaber 1965 bapak Soewarno merasa terpanggil untuk bergerak (mengaktifier) kegiatan2 SH dengan serentak. Gerakan ini mendapat perhatian yang besar dari para pemuda dan dukungan yang kuat dari masyarakat, yang akhirnya berdaya guna untuk membantu HANKAM serta ikut Memayu Hayuning Bawono, membantu negara/ pemerintah dalam bidang ketertiban dan keamanan. Dengan meningkatkan latihan jasmani (pencak) dan latihan rohani (iman dan takwa kepada Allah), maka dapat diharapkan pemuda kita sebagai generasi penerus akan menjadi kader bangsa yang militan yang sangat berguna bagi kepentingan bangsa dan negara. Kepada para Tunas Muda "SH" diajarkan pelajaran pencak silat yang berasal dari para pendekar terkenal (sembilan orang pendekar) dan yang terakhir dari bapak Ki Ngabehi Soerodwirjo, saudara tertua dalam Persaudaraan "Setia Hati" Winongo. Dengan metode ini maka seluruh pelajaran dengan mudah diserap oleh para Tunas-Tunas Muda yang dapat berhasil dengan sukses. Dalam penerimaan SH Tunas Muda harus dilakukan pengesahan terlebih, dengan di sahkan seseorang akan resmi menjadi warga. Karena ilmu-ilmu SH hanya boleh diketahui oleh warganya dan dilarang mengajarkanya kepada yang bukan warga. Untuk pelajaran tingkat lanjut baik itu akan diikuti atau tidak oleh seorang warga, itu merupakan kesadaran dari warga tersebut karena dalam SH tidak ada paksaan. Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo selain di Madiun tidak pernah membuka perguruanya dimanapun seperti perguruan silat yang lain, jika ada itu hanyalah sebagai tempat berlatih dan silaturahmi saja. Seluruh saudara baru Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo baik dari Madiun, luar Madiun bahkan Mancanegara untuk menjadi saudara harus datang dan diKECER di Madiun, Jawa Timur. Hal ini untuk menjaga kemurnian aliran S-H mereka dan itulah yang menjadikan ikatan persaudaraan dalam perguruan ini sangat indah.